Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Fit and Proper Test (FPT) Calon Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) — Komisi 7 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Calon Anggota DEN atas nama As Natio Lasman (Unsur Kepentingan Teknologi)

Tanggal Rapat: 12 Nov 2020, Ditulis Tanggal: 19 Nov 2020,
Komisi/AKD: Komisi 7 , Mitra Kerja: Calon Anggota DEN, As Natio Lasman

Pada 12 November 2020, Komisi 7 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Calon Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) atas nama As Natio Lasman (Unsur Kepentingan Teknologi) mengenai Fit and Proper Test (FPT) Calon Anggota DEN. RDPU ini dibuka dan dipimpin oleh Eddy Soeparno dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Jawa Barat 3 pada pukul 11:35 WIB. (ilustrasi: JejakParlemen)

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Calon Anggota DEN, As Natio Lasman
  • Sejarah singkat dari As Natio, ia pernah menjabat sebagai Kepala Bapeten selama 6 (enam) tahun, kemudian sebagai Deputi di BATAN selama 5 (lima) tahun. As Natio lulus Sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM).
  • Permasalahan energi yang paling terasa adalah tidak adanya database terkait energi, karena masing-masing kementerian/lembaga terkait memiliki data yang berbeda-beda. Lalu, masalah supply bahwa stok cadangan energi kita tidak sampai 23 hari, sedangkan Jepang sampai 180 hari.
  • Rotasi bumi yang dialami Indonesia terbilang cepat, sehingga menyebabkan banyak material berat seperti uranium, pasir besi, dan nikel, terdisposisi di sekitar garis ekuator, contohnya di Bangka Belitung dan Mamuju. Jadi, sebenarnya Indonesia ini kaya.
  • Sekitar 60-70% wilayah Indonesia itu laut/air, dimana kebanyakan masih black box.
  • As Natio pernah menyampaikan kepada Kementerian Ristek bahwa Indonesia perlu melakukan offshore exploitation.
  • Menurut As Natio, subsidi itu perlu, tapi dalam bentuk ‘alat’ agar terwujudnya ketahanan energi guna mendukung pembangunan energi berkelanjutan.
  • Ketika As Natio menjabat sebagai Kepala Bapeten, ia menyetop ekspor pasir dari Bangka Belitung ke Singapura, karena yang di ekspor ternyata tidak hanya pasir, melainkan ada material lain.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan